Mistik… Ulat Hatus


Ketika aku kecil dulu kira-kira SD, desa kami tiba-tiba diserang ulat kecil yang bergerombol disekitaran tanah. Aku mencoba bertanya pada mak tentang hal ini

“mak, aku melihat banyak betul ulat-ulat kecil! Ulat jenisapa itu?” Mungkin waktu itu aku tidak puas mendengar jawaban-jawaban orangdewasa yang terdengar serius jika ulat itu adalah jelmaan Iblis sebab katanyabanyak pemuda-pemudi melakaukan hubungan suami istri diluar nikah.

Sepertinya jawaban mak akan mengarah ke hal yang sama

“itu berarti desa kita kotor”

“kotor?” layaknya anak kecil aku tidak gampang puas denganjawaban mak

“kalo kamu suda dewasa kamu akan mengerti” penjelasan makjuga menggantung

Ke esokan harinya, aku kembali memperhatikan ulat-ulat itu,kecil-kecil berwarna kuning, beberapa minggu kemudian terjadi pernikahan didesa kami, dan aku juga mendengar pembicaraan jika pengantin wanitanya hamilduluan…

Setelah aku dewasa dan merantau jauh dari Desa, aku jugamendengar cerita dari bapak kalo desa terserang wabah kutu anjing di mana-mana,yahhh terlihat juga kulit bapak bentol-bentol dan hampir seluruh Desa di serangoleh gigitan kutu anjing. Akhirnya seluruh penduduk Desa melakukan rapat adatdan menyelenggarakan cuci Kampung, sebab paada saat itu banyak sekali remaja hamildi luar nikah… anehnya setelah melakukan ritual itu kutu-kutu anjing menghilangseketika.

Kadang aku tak habis pikir begitu besar pengaruh pergaulanbebas masuk dalam kampungku, mungkin juga pengawasan orang tua… nilai-nilaiadat telah bergeser kini, mungkin juga wabah-wabah tersebut menyerang Desaku karenapara nenek moyang marah akan kelakuan keturunan mereka yang tak bermoral lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan tinggalkan Komentar anda