ASI tak lancar dan bayi susah bab

Saat bayiku berusia 2 bulan ia jarang sekali BAB pernah seminggu baru bab, sekali bab banyak banget... Aku membawanya ke dokter spesialis.. dr bilang karena bayiku ASI jadi lambungnya belum penuh, kebetulan waktu itu aku semangat banget memberikan anakku hanya ASI saja, meskipun keluarnya dikit-dikit.... aku di beri arahan bagaimana cara memberi asi yang benar

"ibu hindari stres... harus ikhlas memberikan ASIpada anak, sebab dia tau tiap kali ibunya ngerutu... bikin santai, duduknya sambil nonton, sebelum ngasi bayi asi minum air hanget segelas... bikin enjoy jadi air asi ibu lancar" maklumlah mama baru jadi bawaanya stres, semuanya dibikin pusing. Saran dr kulakukan hasilnya tetap nihil... ASIku tetap tak lancar, bayiku mulai menolak setiap kali aku menyodorkan putingku... aku membaca artikel-artikel pro ASI dan dr menyarankan untuk memberikan anaku sulfor dengan catatan tetap menyusui...

meski diberi makanan tambahan selain ASI babnya tetap saja tak lancar kalo orang tua bilang "merem ta*" 

"bisa saja anak ibu di kasih obat supaya lacar bab, tapi kalo dia mencret bahaya pula, dah lain lagi tuh ceritanya... begini saja coba kakinya di naekin keatas.... "

tips ini aku coba... selsai bayiku mandi kumendorong kakinya keatas perut supaya merangsang dia bab, belum beberapa lama mukanya sudah ngeden...itu kulakukan tiap kali mukanya sudah ditekuk kebawa itu artinya dia minta di bantuin eek hihihih.... dan sekarang Alhamdulillah BAB Yoga sudah lancar, sayangnya ASI-ku tak lancar... meskipun demikian aku tetap menyusui anakku berharap dia tetap merasakan asiku sebab dengan menyusi merekatkan kedekatan emosional anak dan ibu


2 comments:

  1. memang kalau asi eksklusif bab jarang. kArena makanan cepat diserap tubuh. melody juga pernah 5 hari nggak bab. kata bidan kalau masih dibawah seminggu masih normal. Aq banyak2 makan buah terutama pepaya. alhamdulillah, melody langsung lancar bab. z :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo githu... anaku didampingi pakek susu formula... sekarang dia dah mpasi :)

      Delete

Silakan tinggalkan Komentar anda